cover
Contact Name
ahmad zain
Contact Email
elbanyumasi@yahoo.co.id
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalprofesi2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Kota Bekasi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
ISSN : 27970701     EISSN : 23018836     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan keguruan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan" : 5 Documents clear
Pengaruh Gaya Komunikasi Dan Keteladanan Guru Terhadap Disiplin Siswa Dalam Pendidikan Islam Sarnoto, Ahmad Zain; Mahpudin, Asep
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar: (1) pengaruh dan signifikansi gaya komunikasi guru terhadap disiplin siswa dalam pendidikan Islam di SD Budi Mulia Dua Bintaro. (2) pengaruh dan signifikansi keteladanan guru terhadap disiplin siswa dalam Pendidikan Islam di SD Budi Mulia Dua Bintaro. (3) pengaruh dan signifikansi gaya komunikasi guru dan keteladanan guru dalam pendidikan Islam di SD Budi Mulia dua Bintaro. Penelitian merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian dengan karakteristik data dinyatakan sewajarnya dan sebagaimana adanya, dengan tidak mengubah bentuk angak dan bersifat deskriptif yang didasarkan pada pertanyaan berapa besar. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) gaya komunikasi guru memiliki pengaruh 20,2% dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa dalam pendidikan agama Islam di SD Budi Mulia Dua Bintaro. (2) keteladanan guru memiliki pengaruh 13,5% dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa dalam pendidikan agama Islam di SD Budi Mulia Dua Bintaro. (3) gaya komunikasi guru dan keteladanan guru secara bersama-sama memiliki pengaruh 15% dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa dalam pendidikan Islam di SD Budi Mulia Dua Bintaro. Berdasarkan hasil tersebut maka variabel yang paling berpengaruh pada penelitian ini adalah gaya komunikasi guru
Pelaksanaan Supervisi Pengelolaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru SD Negeri Pancoran 10 Prihayati, Retna
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan satuan program pembalajaran yang dibuat untuk satu atau beberapa kompetensi dasar dan disiapkan untuk satu atau beberapa kali pertemuan di kelas. Karena itu RPP harus berisi garis besar tentang apa yang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. RPP pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran dan hasil apa yang ingin dicapai dari proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru tidak harus seratus persen sesuai dengan RPP, artinya guru tidak boleh terpaku hanya pada langkah-langkah yang ada, karena proses pembelajaran merupakan sesuatu yang dinamis yang tergantung juga pada faktor fisik dan psikis siswa dan guru, sehingga menuntut guru untuk mampu mengembangkan konsep yang ada menjadi sesuatu yang dinamis. Karena itu, dalam membuat RPP sebaiknya tidak sekaligus untuk satu tahun atau satu semester, tetapi secara bertahap setiap akan melaksanakan proses pembelajaran. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi guru dalam menyusun RPP dengan lengkap. Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RPP apalagi setelah mendapatkan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat mengadakan wawancara dan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP kepada para guru. Selanjutnya adalah menunjukkan bahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP dari siklus ke siklus. Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 69% dan pada siklus II 83%. Jadi, terjadi peningkatan 14% dari siklus I
Metode Role Play Dalam Upaya Memahami Pembelajaran Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VI SDN Pesanggrahan 10 Pagi Haryatiningsih, Siti Nurul
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat menghasilkan manusia Indonesia seutuhnya, sehingga menumbuhkan dan memiliki mental yang baik untuk dapat melaksanakan kegiatan pembangunan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktifitas belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa Kelas VI SDN Pesanggrahan 10 Pagi dengan menggunakan metode Role Play dan diskusi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas VI SD N Pesanggrahan 10 Pagi pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Jumlah siswa ada 31 Anak. Hasil evaluasi menunjukkan terdapat kenaikan yang tuntas belajar (65,71%) pada pra tindakan menjadi (77,14%) pada siklus I dan menjadi (85,71%) pada siklus II. Sedangkan yang belum tuntas belajar mengalami pemunan (34,29%) pada pra tindakan menjadi (22,86%) pada siklus I, dan menjadi (14,29%) pada siklus II. Hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa "jika metode Role Play dan diskusi digunakan, maka penguasaan konsep pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa Kelas VI SDN Pesanggrahan 10 Pagi akan meningkat", Penelitian ini juga memberikan rekomendasi kepada para guru agar semakin aktif dan kreatif dalam memilih metode dalam kegiatan belajar mengajar agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kepada Kepala Sekolah hendaknya dapat mengambil kebijakan tentang perlunya melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi setiap guru, agar motivasi belajar siswa juga semakin meningkat. Selain itu Kepala Sekolah hendaknya dapat mengusahakan agar ketersediaan sarana bagi para guru dalam melaksanakan PTK terus ditingkatkan.
Melalui Metode Demonstrasi Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Kalimat Al-Quran Siswa Kelas III SD Negeri Sukabumi Selatan 05 Pagi Zubaidah, Siti
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyajian pembelajaran Agama Islam hendaknya memperhatikan usia perkembangan siswa, sehingga dalam proses pembelajarannya sesuai dengan tugas perkembangan siswa. Di kelas III ini siswa berada pada tahap operasional konkret yaitu cara berpikir anak mulai logis, ini berarti dalam mempelajari sesuatu anak lebih senang dan mudah menerimanya, dengan demikian seorang guru harus dapat mengemas materi pelajaran yang diberikannya secara tepat terutama untuk materi pelajaran yang bersifat hafalan. Kenyataan pada pelaksanaan pembelajaran di SD N Sukabumi Selatan 05 pagi, tempat peneliti mengajar, pembelajaran membaca huruf-huruf Al-Quran lebih sering difokuskan pada teori dan kurang mempraktekkan cara melafadzkan huruf-huru dalam Al Quran, ditambah lagi cara siswa untuk membacanya kurang diperhatikan oleh guru, Data empirik menunjukkan dari 30 orang siswa di kelas III mereka yang tuntas untuk dapat melafadzkan kalimat dalam Al Quran dengan benar hanya sebanyak 11 orang dari 30 orang atau sebesar 36,67%. Sedangkan sisanya sebesar 63,33% belum memahami menegenai huruf Al-Quran. Oleh karena itu dalam proses belajar mengajar Agama Islam diarahkan agar siswa terampil berkomunikasi dengan mengajarkan berbagai keterampilan membaca huruf Al Quran. Maka perlu adanya upaya untuk membangkitkan minat baca Al Qur’an melalui suatu metode dari guru kelas. Salah satunya adalah melalui metode demonstrasi, di mana dalam metode ini guru akan mencontohkan sebagi wujud demonstrasi dihadapan siswa, kemudian siswa mengikutinya dengan seksama. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk emnegtahui bahwasannya melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca kalimat Al-Quran siswa kelas III SD N Sukabumi Selatan 05 Pagi Semester 1I Tahun Pelajaran 2012/2013 Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Untuk siswa, penelitian ini menjadi sebuah kegiatan yang menarik dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan berbicara khususnya membaca huruf-huruf Al-Quran sehingga bakat yang dimiliki dapat berkembang dan menjadi suatu prestasi yang membanggakan. Islam khususnya aspek berbicara, sehingga kemampuan membaca Al Quran bagi siswa dapat tersalurkan dan berkembang menjadi suatu prestasi.
Media Kliping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas 6 SDN Sukabumi Utara 08 Pagi Yohana, Yohana
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tentang Perkembangan Teknologi dengan penggunaan Kliping bagi siswa kelas 6 SDN Sukabumi Utara 08 Pagi semester II tahun 2012/2013. Tempat penelitian tindakan kelas ini adalah SDN Sukabumi Utara 08 Pagi karena sekolah tersebut merupakan tempat peneliti mengajar setiap harinya, dengan mengambil waktu pada semester II tahun pelajaran 2012/2013. Adapun sebagai objek penelitian adalah siswa kelas 6 SDN Sukabumi Utara 08 Pagi yang berjumlah 22 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan pelaksanaan dua kali tindakan dalam dua siklus yang dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu tahapan perencanaan (planing), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan tahap refleksi (reflecting). Sebagai bahan analisis data dalam penelitian ini adalah hasil ulangan siswa pada saat kondisi awal, siklus I dan siklus II untuk dibandingkan yang dilanjutkan dengan refleksi. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan kliping dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang Perkembangan Teknologi bagi siswa kelas 6 SDN Sukabumi Utara 08 Pagi semester II tahun pelajaran 2012/2013.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 2 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 1 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 2 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 1 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 2 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 1 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 1 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 2 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 1 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 2 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 1 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 2 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 1 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan More Issue